Saturday, 23 May 2015

10.1 E-COMMERCE AND THE INTERNET

E-COMMERCE TODAY

E-commerce merujuk pada penggunaan internet dan web untuk bertransaksi bisnis. Atau secara formal, e-commerce adalah memperbolehkan transaksi komersial antara organisasi dan individual secara digital. Transaksi komersial adalah pertukaran nilai (cth: uang) diantara organisasi atau individual untuk pengembalian atas produk atau jasa.
Dapat dilihat pada grafik di atas bahwa sejak tahun 1995-sekarang e-commerce selalu mengalami kenaikan 15-25% per-tahunnya.

Why E-commerce is different?
Mengapa e-commerce dapat bertumbuh secara cepat? Jawabannya adalah karena keunikan dari internet dan web, antara lain:
  • Ubiquity (ketersediaan)
Teknologi internet/web tersedia dimana saja: di kantor, di rumah dan dimana saja baik melalui komputer atau perangkat telepon.
  • Global Reach
Teknologi meraih seluruh batas nasional di seluruh dunia.
  • Universal Standards
Cuma ada satu set standar teknologi yang dinamai standar internet yang diakui secara umum sehingga mempermuda penggunaan e-commerece.
  • Richness
Memungkinkan untuk dapat menginput video, audio dan pesan teks pada e-commerce,
  • Interactivity
Teknologi bekerja melalui interaksi dengan pengguna.
  • Information Density
Teknologi menurunkan biaya informasi dan meningkatkan kualitas,
  • Personalization/Customization
Teknologi memperbolehkan untuk mendesain pesan untuk disampaikan kepada individu/grup sesuai dengan kemauan pendesain.
  • Social Technology
Teknologi mendukung konten generasi dan jejaring sosial.

Key Concepts in E-commerce
  • Reduce information asymmetry
Mengurangi asimetri informasi, asimetri informasi terjadi ketika salah satu pihak memiliki informasi lebih banyak dari pihak lain.
  • Flexible & efficient
E-commerce fleksibel dan efisien dibandingkan transaksi tradisional, karena lebih mudah diakses dimanapun berada serta mengurangi biaya.
  • Opportunity to sell directly to consumer
Dapat lebih mudah menjual produk/jasa secara langsung kepada konsumen, karena tidak harus melalui banyak pihak, sebagai berikut:


Digital Goods
Adalah produk yang bisa disampaikan lewat jaringan secara digital.
Contoh: music tracks, video, movies dan software.

No comments:

Post a Comment