E-commerce merujuk pada penggunaan internet dan web untuk bertransaksi bisnis. Atau secara formal, e-commerce adalah memperbolehkan transaksi komersial antara organisasi dan individual secara digital. Transaksi komersial adalah pertukaran nilai (cth: uang) diantara organisasi atau individual untuk pengembalian atas produk atau jasa.
Dapat dilihat pada grafik di atas bahwa sejak tahun 1995-sekarang e-commerce selalu mengalami kenaikan 15-25% per-tahunnya.
Why E-commerce is different?
Mengapa e-commerce dapat bertumbuh secara cepat? Jawabannya adalah karena keunikan dari internet dan web, antara lain:
- Ubiquity (ketersediaan)
- Global Reach
- Universal Standards
- Richness
- Interactivity
- Information Density
- Personalization/Customization
- Social Technology
Key Concepts in E-commerce
- Reduce information asymmetry
- Flexible & efficient
- Opportunity to sell directly to consumer

Digital Goods
Adalah produk yang bisa disampaikan lewat jaringan secara digital.
Contoh: music tracks, video, movies dan software.
No comments:
Post a Comment